MARI KITA BANGUN “TALI BATIN” PERTEMA … « Blog Yan Abdullah

MARI KITA BANGUN “PERSAUDARAAN” PERTEMANAN Salam Bahagia dan Sejahtera Penuh Berkah. Teman-teman "On Line" saya yang baik hati. Di dalam ini kita bersama-sama saling berbagi (Shering), tukar menukar pengalaman dan pengetahuan, dan mengelola "lalu" lintas On Line. Saya akan memberikan sesuatu yang Anda perlukan, jika menurut Anda berguna dan akan memakainya boleh dicopy dengan mencantumkan sumber-Url-nya. Demikian pula antara Anda dengan teman-teman lainnya dan saya. Kenapa tidak. Kita membangun "sinergitas", peberdayaan untuk kesejateraan, kebahagiaan kita bersama dan tanpa melepaskan tujuan akhir kita masing-masing. Frienship; Persaudaraan,kesejahteraan dan kebahagiaan bersama. Mari kita saling berbagi share di sini.

Minggu, 16 Juni 2013

FORUM PEMRED BALI = Komitmen Nusa Dua Bali =

lihat juga CHONGKONG SHOP

Komitmen Nusa Dua berisi sembilan butir pernyataan. 
    1. 1. Kami sepakat mengajak segenap elemen bangsa untuk fokus dan bahu-membahu mendorong serta mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang lebih perkasa dan berwibawa demi menyejahterakan seluruh rakyat.
    2. 2. Kami sepakat bahwa kebebasan pers itu bukan tujuan tapi alat untuk menyejahterakan rakyat.
    3. 3. Kami sepakat bahwa kebebasan pers adalah untuk melakukan kontrol terhadap penyelenggaraan negara, pemerintahan, dunia usaha, dan semua lembaga yang ada agar tercapai tata kelola yang bersih dan berwibawa.
    4. 4. Kami bersepakat untuk menggunakan kebebasan pers secara profesional dan menjalankannya dengan berpedoman kepada kode etik jurnalistik.
    5. 5. Di bidang ekonomi, keuangan, dan industri, kami sepakat secara konsisten mengawal dan mendorong segera terwujudnya sistem yang berkeadilan, mendukung usaha nasional, menjaga kepentingan bangsa dan negara, meningkatkan kesejahteraan rakyat, serta meningkatkan martabat bangsa.
    6. 6. Di bidang energi, kami sepakat secara konsisten mengawal dan mendorong segera terwujudnya sistem yang dapat menjaga pelestarian lingkungan, pemanfaatan energi yang terbarukan, kemandirian energi yang dapat membawa manfaat optimal bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat, serta mendukung pengembangan usaha nasional.
    7. 7. Di bidang infrastruktur, kami sepakat secara konsisten mengawal dan mendorong segera terwujudnya pembangunan infrastruktur berdasarkan prioritas nasional demi terwujudnya kelancaran pembangunan nasional dan sebesar-besarnya manfaat bagi masyarakat.
    8. 8. Di bidang ketahanan pangan, kami sepakat secara konsisten mengawal dan mendorong segera terwujudnya program-program yang dapat menjamin tersedianya semua kebutuhan pangan dan air bersih secara berkelanjutan bagi masyarakat, serta meningkatnya kesejahteraan para petani, peternak, dan nelayan.
    9. 9. Di bidang media, kami sepakat secara konsisten mengawal dan mendorong terwujudnya konvergensi media yang dapat membawa manfaat sebesar-besarnya bagi pencerahan masyarakat dan adanya sistem yang adil, transparan, dan proporsional Bagi para pelakunya di era globalisasi. (Bangka Pos/Vovo Susatio)
Terkait    #Forum Pemred
Berita Terkait: Forum Pemred

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta dan Federasi Serikat Pekerja Media Independen (FSPMI) kecewa dengan isi deklarasi Forum Pemred yang dihasilkan pada pertemuan di Nusa Dua, Bali, Sabtu lalu.
Pasalnya, setelah mempelajari, AJI dan FSPMI menilai ada beberapa kejanggalan dari hasil pertemuan tersebut.
Pertama, Forum Pemred, sebagaimana AJI mencermati,  tidak memuat komitmen untuk menaati kode etik jurnalistik.
Padahal semua tahu, media massa harus memiliki komitmen kuat dan ketaatan yang tinggi pada kode etik jurnalistik, agar media massa meraih kepercayaan publik dan menjadi pilar demokrasi.
"Ini menjadi pertanyaan besar, apakah Forum Pemred selama ini memang tidak memikirkan kode etik jurnalistik?" kata Umar Idris, Ketua AJI Jakarta dalam keterangan persnya yang diterima wartawan, Minggu (16/6/2013).
AJI Jakarta dan FSPMI, kata Umar, juga k kecewa karena isi deklarasi Forum Pemred tidak memuat komitmen untuk meningkatkan kesejahteraan jurnalis. Termasuk kesejahteraan para kontributor dan koresponden media di berbagai daerah yang bekerja untuk media yang berkantor pusat di Jakarta.
"Seharusnya, masalah kesejahteraan jurnalis perlu menjadi perhatian Forum Pemred karena upah jurnalis saat ini rata-rata di bawah standar upah layak dan di bawah rata-rata upah industri lain," kata Umar.
Sebelumnya, Survei AJI Jakarta, menilai upah layak tahun 2013 bagi jurnalis dengan pengalaman jurnalistik satu tahun, harusnya dapat mencapai Rp 5,4 juta per bulan.  Namun kenyataan, dalam survey upah Mei 2013 lalu, rata-rata upah jurnalis dengan pengalaman satu tahun, hanya di kisaran Rp 3 juta hingga Rp 4 juta per bulan.
"Bahkan beberapa media didapati masih mengupah reporternya di bawah UMP DKI Jakarta 2013 sebesar Rp 2,2 juta per bulan," kata Umar.
Menurut Umar, rendahnya upah jurnalis juga dapat dilihat dari pengeluaran perusahaan media untuk gaji para pekerjanya, termasuk para jurnalisnya.
Saat ini, lanjutnya, rasio pendapatan perusahaan (sales) dengan pengeluaran untuk gaji di perusahaan media masih sangat rendah.  Jika pun besar, terdapat jurang yang lebar antara upah reporter dengan struktur menengah-atasnya.
Survei Upah Jurnalis versi AJI Jakarta 2013
(Setahun pertama bekerja)
I. Televisi    Upah (Rp juta/bln)
RCTI                              3,1
Metro TV                       3,9 – 4,2
Beritasatu                     3
Liputan6.com               3,5 – 4,5
MNC TV                        3,3
TV One                          2,7
Global TV                      3,5
Tempo TV                     4,4
TVRI DKI Jkt                 3,8 – 4
TV Plus                         2,5
Kompas TV                 3,5
Antara TV                    4
Trans TV                      3,3
Bloomberg TV            4 – 6
II. Media cetak
Jakarta Post                      5,3 – 5,8
Tempo                                3,4
Media Indonesia               4,3
Republika                          3,2
Majalah Gatra                   4,6 – 4,9
Warta Kota                        3
Sinar Harapan                  3,6 – 3,7
Bisnis Indonesia               5,3
Jurnal Nasional                 3,5 – 4
Koran Sindo                     2,5 – 3
Harian Kontan                  2,5 – 3
Koran Jakarta                   3,8
Majalah Gold Bank           3
Majalah Indogamers         3
Majalah Media Pembaruan    2,5
Majalah Pesona                3,5
III. Media Online
Rakyat Merdeka Online    3,5
Detik.com                           3,6
Inilah.com                            2,8 – 2,9
Antaranews.com                4,2
Okezone.com                     2,65
Vivanews.com                    3,5
Jurnal Parlemen.com         4,4
Merdeka.com                     3,5
Hukumonline.com               3,3
Penaone.com                      2
Harian Detik ePaper           3,3
Opini.co.id                            4,7
Lensaindonesia.com           1,7
Kompas.com                        4 – 4,5
Tribunnews.com                   3,05
Majalah Detik                        3,7
IV. Radio
KBR 68H                                4,4
Sindo Radio                           2,5
Elshinta                                   2,8
i-Radio                                    3,7
RRI                                           3,05
Sumber: Survei upah oleh Divisi Serikat Pekerja AJI Jakarta 2013

Editor: Domu D. Ambarita
Sumber: Tribun Manado

Tidak ada komentar: